Kaidah Pembuatan Tabel | Metode Statistik Kaidah Pembuatan Tabel ~ Metode Statistik

Saturday, September 17, 2016

Kaidah Pembuatan Tabel

membuat tabel memang bukanlah hal yang sulit. namun, dalam tulisan-tulisan formal / ilmiah, tampilan tabel harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu yang standar dan sudah digunakan di semua tulisan-tulisan ilmiah yang menggunakan tabel sebagai salah satu media dalam menyajikan data.

Pada tulisan saya sebelumnya tentang jenis jenis tabel, telah dijelaskan beberapa jenis tabel berdasarkan jumlah karakteristik yang dimuat dalam tabel tersebut. disini saya akan menjlaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sebuah tabel memenuhi kaidah-kaidah dalam pembuatan tabel.

1. Nomor Tabel
Nomor tabel sangat penting dalam setiap tulisan-tulisan ilmiah, karena ini merupakan salah satu navigasi yang bisa mempermudah pembaca dalam memahami isi tulisan. ketika kita akan mendeskripsikan sebuah tabel, cukup menyebutkan nomor tabelnya saja tanpa harus menyebutkan kembali judul tabelnya yang panjang, terlebih lagi jika tabel yang akan dideskripsikan posisinya berada pada halaman lain dalam suatu tulisan ilmiah.

2. Judul Tabel
Judul tabel merupakan serangkaian kalimat yang mewakili keseluruhan isi tabel dan umumnya memuat objek yang akan dijelaskan, karakteristiknya, serta keterangan tempat  dan waktu.

Contoh : Tabel 1.1 Jumlah Penduduk Indonesia menurut kelompok umur dan jenis kelamin 2010-2015

Dari judul tersebut kita memperoleh gambaran informasi yang akan disajikan dalam tabel yaitu
objek  : Jumlah penduduk
karakteristik : Kelompok umur, jenis kelamin
Keterangan tempat : Indonesia
Keterangan waktu : 2010-2015

3. Kolom Tabel
 Kolom tabel adalah urutan deret tabel yang memanjang dari kiri ke kanan dan memuat informasi secara vertikal (dari atas ke bawah)

4. Judul kolom
Berisi karakteristik isian kolom yang akan disajikan pada tiap kolom dan posisinya berada paling atas dalam sebuah kolom

5. Baris Tabel
Baris tabel yaitu urutan lajur tabel yang memanjang dari atas ke bawah dan memuat informasi secara horizontal dari kanan ke kiri.

7. Nomor Kolom
Nomor kolom berada tepat di bawah judul kolom. Nomor kolom ini juga berguna untuk memudahkan dalam mendeskripsikan isi tabel.

8. Garis baris dan garis kolom
Garis tabel yang membatasi antar baris maupun antar kolom merupakan hal yang disarankan. secara umum, setiap tabel yang dibuat dalam tulisan-tulisan ilmiah memuat kedua hal tersebut. pada pubikasi-publikasi instansi pemerintahan seperti BPS umumnya hanya menggunakan garis baris saja, tidak lagi mengguakan garis yang membatasi antar kolom.

8. Isi tabel
Isi tabel merupakan inti dari sebuah tabel yang memuat informasi yang disajikan oleh tabel sesuai dengan judul tabelnya.

9. Sumber Data
Sumber data merupakan informasi yang memuat asal informasi dalam tabel, terletak di bagian bawah tabel. dalam tulisan-tulisan ilmiah, sumber data ini sangatlah penting karena menyangkut orisinalitas tulisan tersebut. selain itu, penggunaan sumber data ini adalah untuk menyampaikankan kepada pembaca mengenai sumber data yang ditampilkan diperoleh dari mana, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.


Contoh

Jumlah Penduduk Kabupaten ABC Menurut Kecamatan Tahun 2010-2014


www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment