Metode Statistik: May 2014 May 2014 ~ Metode Statistik

Monday, May 5, 2014

Jenis-jenis tabel

Tabel merupakan media penyajian data yang sering digunakan, tidak hanya dalam bidang statistik murni, tetapi juga dalam bidang-bidang keilmuan Lainnya. Ada beberapa jenis tabel yang umum digunakan.
Disini saya akan menjelaskan sedikit jenis-jenis tabel tersebut jika ditinjau dari jumlah karakteristik yang dimuat dalam tabel.



Baca juga : Mengapa Data Statistik Diasumsikan Normal


1. Tabel satu arah

Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat.

Contoh tampilan tabel satu arah

 Daftar Inventaris Kelas X-1 menurut jenis barang, Tahun Ajaran 2015/2016

 Sumber : Data Fiktif


2. Tabel dua arah

Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jumlah mahasiswa menurut jurusan dan jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Contoh tampilan tabel 2 arah

 Jumlah Mahasiswa STIS menurut tingkat dan jurusan Tahun 2015

Sumber : Data Fiktif

3. Tabel 3 arah

Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin, dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya.

Contoh tampilan tabel 3 arah

Jumlah karyawan perusahaan YZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan tertinggi yang ditamatkan Tahun 2017

 Sumber : Data Fiktif

Dalam menyajikan data penelitian, terutama karya ilmiah, terdapat beberapa syarat atau aturan-aturan dalam penulisan tabel. Ini dapat dibaca pada tulisan saya tentang Kaidah Pembuatan Tabel Untuk Penelitian

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Friday, May 2, 2014

Pengumpulan Data

Cara Pengumpulan Data


Pengumpulan data dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu registrasi, sensus, survey, dan eksperimen. Namun, secara umum dalam statistik, dikenal dua cara pengumpulan data yaitu sensus dan survey.

Baca juga : Syarat Data yang Baik 

Berikut penjelasan 4 metode pengumpulan data tersebut.
  1. Registrasi/pencatatan. Istilah registrasi saat ini lebih kepada pencatatan secara individu melalui berbagai institusi. Misalnya pencatatan penduduk di desa-desa secara terus menerus. Setiap ada warga baru yang tinggal, lahir, maupun meninggal, maka warga yang terlibat atau pun perangkat desa melakukan pencatatan. Cara ini lebih dikenal dengan istilah catatan administrasi. Lembaga-lembaga swasta, banyak yang secara otomatis telah memanfaatkan catatan administrasi sebagai data statistik, seperti contoh pelaporan pasien Rumah sakit & perbankan.
  2. Sensus, yaitu cara pengumpulan data secara lengkap, dimana seluruh elemen dalam populasi yang menjadi objek penelitian diselidiki/dicacah satu per satu.
  3. Survei, yaitu pengumpulan data dimana data yang diselidiki adalah elemen dari populasi. Makin banyaknya jenis data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian, timbul permasalahan bagaimana menghasilkan data yang akurat dengan menyeimbangkan tenaga, biaya dan waktu. Untuk itu survey lebih sering digunakan untuk penelitian.
  4. Eksperimen, lebih spesifik untuk tujuan-tujuan penelitian tertentu, misalnya memilih unit-unit dari suatu populasi, kemudian memberikan perlakuan yang berbeda antar unit, dan dibandingkan hasilnya. Misalnya seorang peneliti ingin melihat pengaruh pakan ternak yang terbuat dari daun bakau terhadap pertumbuhan kambing. Maka diambil 10 ekor kambing berjenis kelamin sama dan umur yang sama, 5 ekor diberi makan daun bakau dan 5 ekor lagi diberi makan rumput seperti biasa. Setelah beberapa minggu hasilnya dibandingkan.
Baca juga : Mengapa Data Statistik Diasumsikan Normal

Dari ke empat cara mengumpulan data di atas, metode sensus tidak memerlukan metode sampling khusus dalam pelaksanaannya karena semua induvidu dari populasi akan diukur parameternya sehingga tidak ada penghitungan sampling error untuk metode tersebut dan yang ada hanya lah non sampling error. sementara itu, metode survei dan eksperimen membutuhkan metode sampling tertentu dalam pelaksanaannya agar kesimpulan yang akurat dapat diperoleh. Metode pengambilan sampel dapat dikaukan dengan dua cara yaitu probability sampling dan non probability sampling. Informasi tentang kedua metode tersebut dapat dibaca dalam tulisan saya " Probability atau Non probability Sampling, Mana yang Lebih Baik" .

Alat Pengumpulan Data

Dalam proses pengumpulan data, tentunya kita membutuhkan alat atau device untuk memperoleh keterangan dari objek atau elemen lain antara lain :
  1. Kuesioner (daftar pertanyaan),
  2. Wawancara,
  3.  Observasi atau pengamatan langsung, dan
  4.  Melalui pos, telepon, atau alat komunikasi lainnya.

  • Kuesioner merupakan satu set pertanyaan yang tersusun secara sistematis dan standar sehingga pertanyaan yang sama dapat diajukan terhadap setiap 
  • Wawancara, yaitu melakukan melalui komunikasi langsung dengan responden untuk memperoleh informasi tertentu. Misalnya melakukan wawancara dengan PSK untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian tentang HIV/AIDS.
  • Observasi, yaitu melakukan pengamatan dengan teliti terhadap suatu objek. Misalnya, seorang ahli biologi yang ingin meneliti kecepatan perkembang biakan bakteri pada suhu.
  • Melalui pos, telepon, atau alat komunikasi lainnya. Misalnya, survey elektabilitas calon presiden atau partai tertentu oleh lembaga survey politik tertentu dengan menggunakan daftar nomor telepon rumah sebagai frame-nya.


(Sumber : Buku STATISTIK Teori & Aplikasi, J. Supranto)
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net