Monday, May 5, 2014

Jenis-jenis tabel

Tabel merupakan media penyajian data yang sering digunakan, tidak hanya dalam bidang statistik murni, tetapi juga dalam bidang-bidang keilmuan Lainnya. Ada beberapa jenis tabel yang umum digunakan.
Disini saya akan menjelaskan sedikit jenis-jenis tabel tersebut jika ditinjau dari jumlah karakteristik yang dimuat dalam tabel.



Baca juga : Mengapa Data Statistik Diasumsikan Normal


1. Tabel satu arah

Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat.

Contoh tampilan tabel satu arah

 Daftar Inventaris Kelas X-1 menurut jenis barang, Tahun Ajaran 2015/2016

 Sumber : Data Fiktif


2. Tabel dua arah

Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jumlah mahasiswa menurut jurusan dan jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Contoh tampilan tabel 2 arah

 Jumlah Mahasiswa STIS menurut tingkat dan jurusan Tahun 2015

Sumber : Data Fiktif

3. Tabel 3 arah

Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin, dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya.

Contoh tampilan tabel 3 arah

Jumlah karyawan perusahaan YZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan tertinggi yang ditamatkan Tahun 2017

 Sumber : Data Fiktif

Dalam menyajikan data penelitian, terutama karya ilmiah, terdapat beberapa syarat atau aturan-aturan dalam penulisan tabel. Ini dapat dibaca pada tulisan saya tentang Kaidah Pembuatan Tabel Untuk Penelitian

Artikel Terkait

Jenis-jenis tabel
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email