Thursday, April 24, 2014

Statistik Deskriptif & Inferensia

Dalam kajian ilmu statistik, metode statistik dibagi atas dua macam yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensia. Ronald E. Walpole mendefinisikan statistik deskriptif sebagai metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan menyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Sedangkan statistic inferensia mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data induknya.

Statistik deskriptif umumnya digunakan untuk menggambarkan keadaan data yang telah dikumpulkan dengan cara yang lebih simpel agar lebih mudah dipahami oleh pengguna data. Metode ini digunakan bukan untuk mengambil kesimpulan umum atas kondisi suatu populasi, tetapi hanya sekedar mendeskripsikan data tersebut saja.

Sebagai contoh, nilai matematika 10 orang siswa masing-masing dari kelas A dan kelas B yang diambil secara acak. Hasil yang diperoleh sebagai berikut.
Kelas A : 90 85 92 87 83 90 93 97 95 88  Rata-rata = 90
Kelas B : 85 82 86 89 90 80 81 84 88 85  Rata-rata = 85
Dari hasil di atas, kita tidak bisa menyimpulkan bahwa rata-rata nilai matematika kelas A lebih tinggi dari pada kelas B, namun kita hanya bisa menggambarkan bahwa rata-rata nilai matematika untuk sampel kelas A lebih tinggi dari pada sampel kelas B. Artinya kesimpulan ini hanya berlaku untuk 20 siswa tersebut, tidak berlaku untuk seluruh siswa kelas A dan B.


Berbeda halnya dengan statistik deskriptif, statistik inferensia digunakan melalui serangkaian tahapan proses pengujian statistik. Metode ini menggunakan informasi dari beberapa sampel untuk menggambarkan atau menggeneralisir keadaan suatu populasi. Untuk contoh di atas, kita dapat mengambil kesimpulan apakah nilai matematika kelas A lebih tinggi dari kelas B atau sebaliknya melalui pengujian tertentu. Misalnya uji beda rata-rata dua populasi independen.

Artikel Terkait

Statistik Deskriptif & Inferensia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email