Populasi dan Sampel | Metode Statistik Populasi dan Sampel ~ Metode Statistik

Tuesday, April 29, 2014

Populasi dan Sampel



Populasi dan sampel merupakan dua hal yang erat kaitannya dengan survei.  Populasi mecakup seluruh objek yang kita amati. Populasi merujuk kepada sekumpulan individu yang memiliki karakteristik sama. memiliki karakteristik tertentu, misalnya populasi penduduk kecamatan A . dalam statistik, populasi tidak hanya terbatas pada pengamatan untuk sekelompok orang atau hewan, tetapi bisa juga mencakup sekumpulan pengamatan terhadat benda mati. Intinya, populasi  merupakan sekumpulan objek dalam tempat dan kurun waktu yang menjadi cakupan dalam penelitian kita. Sedangkan Sampel merupakan himpunan bagian dari populasi. Sampel diperoleh melalui suatu metode untuk memudahkan kita dalam melakukan penelitian, dengan asumsi bahwa sampel yang kita ukur bisa merepresentasikan populasinya.

Nilai yang digunakan untuk suatu populasi disebut parameter, sedangkan nilai untuk sampel disebut statistik. Pada kenyataannya, kita jarang menemui parameter suatu populasi. Kita hanya bisa melakukan pendekatan dengan statistik. Misalnya jumlah ikan di laut dan jumlah produksi padi suatu propinsi dalam setahun.

Populasi terbagi menjadi dua macam yaitu populasi terhingga dan populasi tak terhingga. Populasi terhingga memiliki batasan katakteristik yang jelas, seperti populasi mahasiswa kampus A tahun 2014, populasi sapi betina di kandang bulan Juni, dan populasi karyawan di kantor statistik tahun 2010. Sedangkan populasi yang tak terhingga tidak memiliki batasan karakteristik yang jelas sehingga sulit untuk menentukan jumlah pastinya seperti populasi pengunjung mal, populasi jangkrik di sawah, dan populasi ikan di perairan Indonesia.


www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment