Wednesday, April 30, 2014

Pembagian Data

Data merupakan kumpulan kejadian dari sebuah fakta yang terjadi. Data masih membutuhkan proses pengolahan untuk dapat dijadikan informasi. Data dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut saya akan menjelaskan pembagian/pengelompokan data.
  1. Data menurut sifatnya. Menurut sifatnya data dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak berbentuk angka, misalnya jenis kelamin dan warna. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka seperti tinggi badan, jumlah penduduk, dan panjang meja.Data menurut sumbernya. 
  2. Menurut sumbernya, data dibedakan menjadi data internal dan data eksternal. Data internal merupakan data yang berasal dari keadaan atau kegiatan suatu kelompok atau organisasi. Misalnya, data pengeluaran dan pembelian dari suatu perusahaan. Sedangkan data eksternal merupakan data yang bersumber dari luar suatu kelompok atau organissi. Misalnya, agen produk susu bayi meminta data persebaran penduduk usia 0-4 tahun untuk memasarkan produknya.
  3. Data menurut cara mempeolehnya. Menurut cara memperolehnya, data dibedakan atas data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan atau kelompok yang merupakan hasil pengamatan langsung terhadap suatu objek. Misalnya data hasil sensus penduduk oleh BPS yang dilakukan melalui wawancara langsung. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain. Misalnya seorang mahasiswi kebidanan mencari data jumlah wanita di suatu daerah ke BPS untuk keperluan tugas akhir.
  4. Data menurut waktu pengumpulannya. Menurut waktu pengumpulannya, data dibedakan atas data cross section, data time series, dan data panel. Data cross section adalah data yang dikumpulkan dalam satu periode tertentu untuk menggambarkan keadaan objek pada periode tersebut. Misalnya data jumlah pengrajin industry keramik menurut omset yang dihasilkan, jenis kelamin, dan ukuran perusahaan. Data time series adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Misalnya data pergerakan nilai IHSG dari tahun 2000-2010 dan data harga beras mingguan selama tahun 2013. Sedangkan data panel adalah gabungan dari data cross section dan data panel. Misalnya, data perusahaan operator seluler di Indonesia menurut jumlah pelanggan dan omset tahun 2000-2014.


Artikel Terkait

Pembagian Data
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

May 18, 2017 at 8:49 PM delete

Biro Olah Data Skripsi, Tesis, Disertasi Untuk Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
PIN BB : D04EBECB
IG : @olahdatasemarang
Website : http://biro-jasa-spss.blogspot.co.id
Terdaftar Di Google Map Dengan Nama Olah Data Semarang

Reply
avatar