Friday, March 14, 2014

Statistik dan Statistika

     Kata statistika dan statistik sejatinya adalah kata serapan dari bahasa Inggris, yakni kata statistics dan statistic. Dua kata ini memiliki makna yang sangat berbeda, meskipun hanya dibedakan oleh kehadiran huruf ‘s’ pada bagian akhir salah satu kata.

     Kata statistika (statistics) dapat dimaknai sebagai suatu ilmu yang mempelajari segala hal terkait
bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Jadi, statistika adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan data, sama seperti matematika (mathematics)ekonometrika (economterics)ekonomika (economics), serta ilmu-ilmu yang lain. Karenanya, kata statistika tidak tepat dan keliru jika digunakan pada header tabel yang memuat informasi mengenai daftar klasemen sementara sebuah liga sepokbola seperti yang saya kisahkan di atas. Dan tentu saja ini adalah sebuah kelucuan. Karena statistika sebagai ilmu sama sekali tidak ada hubungannya dengan daftar klasemen sebuah turnamen sepakbola.

        Sementara itu, kata statistik (statistic) dapat dimaknai sebagai informasi atau data. Data yang dimaksudkan di sini biasanya merujuk pada informasi kuantitatif berupa angka (number) yang dikumpulkan (collect) melalui kegiatan pengumpulan data seperti sensus atau survei, misalnya pada frasa ‘Badan Pusat Statistik (BPS)’. Jadi, makna kata statistik pada tabel yang memuat informasi kuantitatif mengenai klasemen sementara La Liga atau English Premier League (EPL) adalah data. Begitupula dengan statistik yang menyajikan informasi kuantitatif mengenai jalannya pertandingan antara Manchester United versus Newcastle United tempo hari─seperti jumlah gol, tendangan ke gawang, tendangan melenceng, jumlah kartu kuning atau merah─maknanya juga data.

        Selain itu, dalam konteks statistika (ilmu statistik) kata statistik (statistic) dimaknai sebagai informasi yang diperoleh dari sampel─bagian atau subset dari populasi─yang merupakan penduga (estimator) dari karakteristik populasi (parameter) yang biasanya tidak diketahui secara pasti nilainya. Singkat kata, semua informasi kuantitatif mengenai karakteristik populasi seperti rata-rata dan proporsi yang diperoleh dari sampel disebut statistik. [*]
Semoga mencerahkan. (Sumber tulisan asli : http://kadirsblog.blogspot.com/2012/01/makna-kata-statistika-dan-statistik-apa.html)

Artikel Terkait

Statistik dan Statistika
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email